4 Cara Membuka Pola HP yang Lupa Dijamin Berhasil


advertisement

Demi keamanan, sering kali kita memasang pola untuk mengunci layar HP. Mungkin kalian juga termasuk diantaranya. Namun, tak jarang kita lupa dengan pola yang kita buat sendiri. Jika hal ini terjadi, jangan panik karena cara membuka pola HP yang lupa sebenarnya tidaklah sulit. Bahkan, ada beberapa cara yang bisa kalian coba.

Tips-tips Membuka Pola HP yang Lupa

Kami punya beberapa tips membuka pola HP yang lupa. Berikut cara-cara yang bisa kalian lakukan saat pola HP terlupakan:

  1. Fitur “Lupa Sandi” atau “Forgot Pattern”

Cara yang paling mudah adalah menggunakan fitur “Forgot Password” atau “Lupa Sandi”. Pertama, kalian harus menyiapkan smartphone, email Google serta koneksi internet. Setelah itu, nyalakan smartphone & pastikan terhubung dengan koneksi internet. Jika sudah masuk ke tampilan pola, silahkan klik “Forgot Pattern”. Jika kalian menggunakan pengaturan bahasa Indonesia, maka klik “Lupa Password”. Kemudian, kalian disuruh untuk Sign in menggunakan akun email Google.

Ada 2 metode yang bisa kalian pilih. Pertama, Google mengirim pertanyaan yang mana hanya anda sendiri yang mengetahui jawabannya. Kedua, Google mengirim pola smartphone ke email Google anda. Untuk membuka email Google, kalian bisa menggunakan HP lain, atau bahkan menggunakan laptop maupun komputer. Kalian tinggal ikuti petunjuk dari email yang dikirim tersebut hingga pola bisa dibuka kembali.


advertisement

  • Bantuan Smartphone Lain

Ada lagi cara mudah lainnya. Di sini, kalian membutuhkan bantuan smartphone lain. Bahkan, bisa dibilang cara ini lebih mudah dari cara pertama. Kalian juga tak memerlukan koneksi internet. Langkah pertama cara membuka pola HP yang lupa dengan bantuan smartphone lain adalah dengan menelpon smartphonemu menggunakan HP lain. Setelah berdering, segera terima telepon tersebut dan tekan tombol Home. Kemudian, pergi ke menu Setting atau Pengaturan dan pilih menu Security atau Keamanan. Lalu, nonaktifkan kunci pola atay meniadakan kunci. Setelah itu, matikan telepon dan kalian bisa menggunakan HP tanpa pola.

  • Samsung Find My Mobile

Khusu untuk pengguna Samsung, cara membuka pola smartphone yang lupa bisa dilakukan dengan tools “Samsung Find My Mobile”. Caranya, langsung saja masuk ke website resmi Find My Samsung yaitu findmymobile.samsung.com. Kalian bisa masuk menggunakan komputer, laptop ataupun smartphone lain. Lalu, silahkan masuk ke Setting dan pilih Security atau Keamanan maka akan ada tulisan Find My Mobile. Selanjutnya, kalian harus login ke akun Samsung kalian. Langkah selanjutnya adalah klik Lock My Screen dan masukkan password yang baru. Klik Lock lalu tunggu sekitar 5 menit. Selanjutnya, buka smartphone Samsung kalian dan masukkan pola baru yang baru saja dibuat.

  • Reset Pabrik

Jika cara-cara di atas gagal, ada 1 lagi cara terakhir yang bisa kalian lakukan untuk membuka pola kunci yang lupa. Di sini, kalian akan menggunakan Factory Reset atau Reset Pabrik. Langkah pertama, matikan smartphonemu. Tekan tombol power & volume atas / bawah. Khusus untuk Samsung, tekan juga tombol Home. Kalian lalu diarahkan ke menu recovery. Dengan tombol volume atas / bawah, pilih Factory Reset / Wipe Data. Kemudian, tekan tombol power dan pilih Reboot System Now. Setelah proses reboot selesai, smartphone kalian akan kembali ke tampilan default dan tanpa pola kunci. Namun, cara membuka pola HP yang lupa dengan Reset Pabrik ini adalah pilihan terakhir.





4 Cara Membuka Pola HP yang Lupa Dijamin Berhasil | drponsel | 4.5