6 Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri


advertisement

Ada banyak masalah yang muncul pada hp android. Salah satunya layar yang bergerak sendiri tanpa kita sentuh. Hal ini bukan dikarenakan hantu, tapi ada masalah di hp anda. Ada berbagai penyebab touchscreen bergerak sendiri. bisa dikarenakan tangan kita yang kotor dan licin, sehingga menscrool layar terlalu cepat. Bisa juga dikarenakan kondisi charger dan lainnya. untuk lebih jelasnya kita akan membahas tentang cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri.

1. Masalah Pada Charger

Charger digunakan untuk mensuplai listrik di hp anda. Touchscreen hp yang bergerak sendiri bisa dikarenakan arus listrik yang terlalu tinggi ke hp. Hal ini sering terjadi pada penggunaan charger bajakan. Saat mengisi daya hp dan memainkannya, tiba-tiba layar bergerak sendiri. supaya tidak merusak layar, anda harus mengganti charger tersebut.. gantilah charger yang asli, supaya tidak merusak layar dan hardware hp anda.

2. Pelindung Layar Bermasalah

Touchscreen yang bergerak sendiri bisa disebabkan oleh pelindung layar hp anda. Pelindung layar yang anda gunakan mungkin bermasalah atau rusak. cobalah untuk membersihkannya terlebih dahulu. Jika masih belum bisa, lepas pelindung layar tersebut. Bila setelah dilepas, layar bisa digunakan berarti masalah ada di pelindung layar anda. Pilihlah pelindung layar yang bagus, memiliki kepekaan yang baik dengan tangan anda. Jangan gunakan pelindung layar murahan dan bisa merusak layar hp.


advertisement

3. Hp Overheat

Ada banyak cara mengatasi touchcreen bergerak sendiri. tapi sebelum mengatasinya, anda harus mengetahui penyebabnya. Penyebab hp yang bergerak sendiri, bisa dikarenakan hp yang overheat. Ketika hp digunakan terus menerus dan digunakan di tempat suhu tinggi, bisa membuat hp overheat. Biasanya ini akan membuat layar eror. Layar bisa bergerak sendiri atau tidak bergerak sama sekali. Bila hp sudah panas, lebih baik diistirahatkan terlebih dahulu. Hentikan semua pemakaian dan bersihkan penggunaan ramnya. Diamkan di suhu yang dingin, sehingga hp kembali normal. Nanti layar hp anda akan normal kembali dan bisa digunakan lagi.

4. Lakukan Kalibrasi Touchscreen

Jika touchscreen hp bergerak sendiri cobalah untuk melakukan kalibrasi. Gunakan aplikasi touchscreen calibration atau multitouch tester. Aplikasi ini akan membantu anda melakukan beberapa test. Test tersebut digunakan untuk cek layar hp masih berfungsi dengan baik atau tidak. Anda bisa download aplikasi tersebut gratis di playstore. Jika ada kerusakan pada layar, aplikasi akan menginfokan. Dan bila kerusakannya parah anda harus membawanya ke tempat service.

5. Restart atau Reboot Hp

Anda bisa mencoba restart atau reboot hp terlebih dahulu. Dengan menekan tombol power, biasanya hp akan kembali normal setelah dilakukan restart. Terutama pada masalah yang tidak serius. Seperti dikarenakan ram yang bekerja terlalu keras, layar yang eror dan lainnya.

6. Lakukan Factory Reset

Factory reset menjadi cara untuk mengatasi berbagai masalah di hp anda. Termasuk mengatasi layar hp yang bergerak sendiri. factory reset berarti mengembalikan ke pengaturan awal. Semua data di hp anda akan hilang. Semua aplikasi yang terinstal juga hilang. Setiap hp memiliki cara factory reset yang berbeda-beda.

Selain 6 cara diatas, masih banyak cara yang bisa anda lakukan. Anda juga bisa melakukan flash ulang di hp. Jika semua cara sudah dilakukan dan layar hp tetap eror, anda bisa membawanya ke tempat service. Mungkin hardware hp anda yang rusak. demikian informasi tentang cara memperbaiki touchscreen bergerak sendiri.





6 Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri | drponsel | 4.5