Antara Meizu M6T dan Xiaomi Redmi 5, Mencari Ponsel Murah Terbaik



Tahun ini, Meizu sebagai pabrikan asal Cina meluncurkan beberapa smartphone baru. Salah satunya adalah Meizu M6T. bersama dengan C9 dan 16TH, M6T ini juga ikut meramaikan pasar android termasuk di Indonesia. Namun, ponsel baru ini sudah memimili penantang serius yaitu Xiaomi Redmi 5 yang sama-sama berada pada segmen menengah ke bawah. Lalu, apakah M6T bisa menandingi Redmi 5, atau justru sebaliknya. Untuk mengetahui mana yang lebih unggul, berikut kita bandingkan spek Meizu M6T dan Xiaomi Redmi 5.

Desain Meizu M6T

Smartphone baru dari Meizu ini hadir dengan desain yang stylish. Untuk warna, terdapat 2 pilihan yang sangat cantik. Pilihan pertama adalah frame warna hitam dengan bodi belakang warna orange sedangkan pilihan kedua adalah frame putih dengan bodi belakang abu-abu. Ponsel baru ini juga sangat nyaman dan ideal digunakan karena ukurannya sangat pas yaitu 5,7 inci. Yang jelas, desainnya cukup menarik untuk smartphone masa kini.

Kinerja Meizu M6T

Selain desainnya yang stylish, perangkat ini juga cukup handal dalam hal performa. Terbukti ponsel ini hadir dengan chipset MediaTek 6750 Octa Core. Selain itu, terdapat pula dikungan dari GPU Mali T860MP2 yang membuat performa semakin gemilang, termasuk kualitas grfisnya. Kinerjanya yang garang juga tak lupt dari RAM yang diberikan di mana ada 2 pilihan kapasitas. Pilihan pertama adalah RAM 3 GB sedangkan pilihan kedua adalah RAM 4 GB. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan budgetmu.

Layar Meizu M6T

Seperti yang sudah disinggung di atas, ukuran layar perangkat ini sangat ideal yaitu 5.7 inci. Dengan layar tersebut, Meizu menerapkan panel IPS LCD agar kualitas layarnya semakin mumpuni. Layar tersebut bisa menghasilkan gambar dengan resolusi HD yaitu 720 x 1440 piksel. Meski belum istimewa, namun hasilnya sudah lumayan bagus.

Kamera Meizu M6T

Beralih ke sektor kamera, ponsel ini sudah menerapkan dua kamera belakang sebagai kamera utama layaknya smartphone kekinian lain. Kamera tersebut hadir dengan lensa 13 MP dan 2 MP. Agar hasil jepretan lebih maksimal, kamera tersebut didukung dengan sensor Sony IMX278. Tentu saja, kamera ini sangat bagus untuk membidik berbagai macam objek. Jadi, Meizu M6T sangat cocok untuk kalian yang tertarik dalam dunia fotografi.

Tak hanya itu, Meizu juga membekali smartphone baru andalannya ini dengan kamera depan yang cukup mumpuni yaitu dengan lensa 8 MP. Kamera depan ini hadir dengan fitur sensor Samsung CMOS serta algoritma ArcSoft. Selain menghasilkan hasil foto selfie yang jernih, kamera depan ini juga bagus untuk aktifitas lain termasuk video chat, video call dan juga video selfie.

Memori dan Baterai Meizu M6T

Untuk ruang penyimpanan, kalian tak perlu khawatir karena ponsel cerdas ini hadir dengan memori internal yang berkapasitas besar. Bagaimana tidak, kapasitas 32 GB rasanya sudah lebih dari cukup untuk menyimpan berbagai file seperti game, video, foto, dll.

Untuk baterai, ponsel ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3300 mAh. Kapasitas baterai tersebut rasanya sudah cukup bagus untuk mendukung aktifitas sehari-harimu menggunakan smartphone ini. Sayangnya, fitur Fast Charging belum tersedia sehingga pengisian daya baterai masih cukup lama.

Fitur-fitur Meizu M6T

Ada banyak fitur penting dan menarik yang diberikan pada smartphone baru ini. Untuk konektifitas, ada USB Charging, GPS, Bluetooth 4.1, Wi-Fi, Dual SIM, dan jaringan 3G / 4G. Kemudian, fitur lain juga tersedia seperti accelerometer, proximity, sensor cahaya dan fingerprint yang berada di bagian belakang. Namun, ponsel pintar ini belum dilengkapi dengan sistem keamanan face unlock sehingga untuk membuka kunci layar hanya bisa dengan password, pola, atau sidi jari.


advertisement

Harga Meizu M6T

Dengan spek dan fitur yang sudah dijelaskan di atas, kira-kira berapa harga yang pantas untuk Meizu M6T? Dengan menyasar segmen menengah ke bawah, Meizu tak ingin membaderolnya terlalu mahal agar harganya tetap bisa bersaing. Di pasar smartphone Indonesia, ponsel baru ini dibanderol dengan dengan harga tak lebih dari 1,9 juta rupiah.

Perbandingan Spesifikasi Meizu M6T dan Xiaomi Redmi 6A

Untuk dimensi, M6T sedikit lebih besar dan lebih berat dari Redmi 5 namun perbedaannya tak terlalu kelihatan. Kemudian pada sektor layar, taka da perbedaan sama sekali antara keduanya baik pada ukuran layar, resolusi, kerapatan piksel, hingga jenis panelnya.

Yang perbedaannya sangat jelas terdapat pada prosesor yang digunakan. Di sini, Redmi 5 lebih unggul karena sudah menggunakan Qualcomm Snapdragon 450 dengan kecepatan Octa Core 1.8 GHz. Jadi, bisa dikatakan bahwa Redmi 5 lebih powerful dari M6T meski smartphone milik Meizu tersebut tetap tidak bisa dikatakan buruk kinerjanya.

Beralih ke memori, kali ini giliran Meizu M6T yang lebih unggul. M6T menawarkan 3 pilihan: 3GB & 32 GB, 4 GB & 32 GB serta 4GB & 64 GB. Di sisi lain, Redmi 5 menawarkan 3 pilihan juga yaitu 2 GB & 16 GB, 3 GB & 32 GB, dan 4 GB & 32 GB. Meski begitu, keduanya sama-sama memiliki slot microSD. Jadi kalian bisa menambah memori eksternal sesuai kalian.

Untuk sistem operasi, kedua smartphone murah ini masih menggunakan Android Nougat. Sama-sama sangat disayangkan karena belum menggunakan Android versi terbaru. Perbedaan juga terdapat pada interfacenya dimana Meizu menawarkan Flyme UI sedangkan Xiaomi menawarkan MIUI 9.

Sedikit menyinggung masalah konektifitas, nyaris taka ada perbedaan yang ditemukan karena sama-sama dilengkapi dengan fitur Wi-Fi, Bluetooth dan GPS. Namun, Xiaomi memberikan GPS versi yang lebih baru daripada Meizu.

Bagaimana dengan kameranya? Dalam sektor ini, M6T unggul telak karena sudah mengusung dual kamera belakang. Resolusinya pun lebih tinggi. Sedangkan Redmi 5 hanya dibekali single kamera dengan lensa yang sedikit lebih rendah, 12 MP. Untuk kamera depan, keunggulan juga masih menjadi milik Meizu M6T karena Xiaomi Redmi 5 hanya dibekali kamera depan 5 MP. Jadi, kalian yang suka fotografi dan juga selfie sepertinya akan lebh condong memilih Meizu M6T.

Beranjak ke bagian baterai, keduanya menggunakan baterai dengan kapasitas yang sama yaitu 3300 mAh. Namun, kali ini Xiaomi Redmi 5 boleh berbangga karena sudah dibekali fitur Fast Charging sedangkan Meizu M6T belum. Untuk fitur SIM, keduanya sama-sama mengusung dual SIM slot dengan tipe hybrid.

Terakhir, kita lihat perbandingan harga antara keduanya. Seperti yang telah kita bahas di atas, Meizu M6T dibanderol dengan harga 1.9 jutaan. Bagaimana dengan Xiaomi Redmi 5? Ternyata smartphone milik Xiaomi ini lebih terjangkau karena harganya hanya 1.3 jutaan rupiah.

Kesimpulan

Dari perbandingan spek di atas, mana yang menjadi pilihan lebih baik? Yang jelas, ada beberapa kelebihan dan kekurangan. Kita bisa melihat bahwa salah satu keunggulan Meizu M6T ada pada memori yang ditawarkan. Selain itu, Meizu M6T juga unggul adalam kamera. Bahkan, keunggulan ini bisa dikatakan telak sehingga sektor fotografi benar-benar menjadi nilai plus bagi M6T.

Namun, ternyata Xiaomi Redmi 5 tak mau kalah dengan pesaing barunya ini. Dari perbandingan di atas, kita bisa melihat bahwa Redmi 5 mengungguli M6T dalam prosesornya. Jadi, bisa dipastikan kalau tenaga smartphone milik Xiaomi ini lebih bisa diandalkan.

Pada konektifitas, Redmi 5 juga sedikit lebih unggul meski keunggulannya tidak signifikan. Lalu, Redmi 5 memang kalah dalam hal kamera. Akan tetapi, fitur pengisi daya menjadi nilai plus bagi Redmi 5 di mana fitur ini belum tersedia pada Meizu M6T. Terakhir, Meizu juga unggul dari segi harga karena lebih terjangkau dan perbedaan hargnya cukup lumayan.

Meizu M6T dan Xiaomi Redmi 5 memang saling mengungguli dalam beberapa aspek yang berbeda. Jadi, kalian harus berhati-hati dalam memutuskannya. Jika kalian mengedepankan ruang penyimpanan dan sektor fotogradfi, Meizu M6T bisa menjadi pilihanmu. Namun jika kalian lebih mempertimbangkan harga murah namun tetap memiliki performa handal dan memiliki fitur Fast Charging, maka Xiaomi Redmi 5 bisa kalian pilih.





Antara Meizu M6T dan Xiaomi Redmi 5, Mencari Ponsel Murah Terbaik | drponsel | 4.5