Cara Flash HP Samsung dengan Mudah dan Simple



Siapa yang tak kenal hp android asal Korea ini? Ya Samsung serupakan brand yang sangat mendunia dan banyak yang menggunakannya. Di Indonesia saja Samsung masih merajai pasar smartphone karena harganya masih bisa terjangkau oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Hal ini juga dilatar belakangi oleh besarnya brand sudah berdiri sejak puluhan tahun.

Jika penggunaan smartphone kita tidak sebagaimana mestinya maka hp android akan mengalami kerusakan. Hal ini termasuk juga dengan. Apabila handphone Samsung milik kamu mengalami kerusakan pada sistemnya, maka jalan harus dilakukan untuk memulihkan sistem tersebut dengan cara flash hp Samsung milik kamu. Flashing handphone Samsung ini berarti melakukan penginstallan ulang pada perangkat ada di dalam sistem.

Dengan menggunakan cara flash pada hp milik kamu adalah cara yang tepat jika hp samsung anda sering mengalami error atau bahkan hp kamu tidak bisa masuk ke home dan hanya stuck sampai logo saja. Tapi kamu harus berhati-hati karena tidak semua masalah pada hp kamu dapat terselesaikan dengan cara kamu.

Ada baiknya jika bertanya terlebih dahulu kepada orang yang lebih paham mengenai masalah pada handphone. Jika cara satu-satunya untuk memperbaiki hp kamu adalah dengan cara flash hp Samsung, maka bisa melakukannya di rumah.

Flashing pada handphone mengalami error dan tidak kunjung pulih setelah dilakukan reset factory adalah pilihan yang tepat. Cara ini dapat mengembalikan sistem kembali normal. Anda hanya memerlukan kabel USB, Komputer atau Laptop, dan sambungan internet untuk mendownload software yang diperlukan. Software dibutuhkan adalah USB Driver, Frimwere, dan Odin3. Berikut merupakan cara flash handphone yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah:


advertisement

1. Pastikan baterai handphone Samsung kamu sudah terisi minimal 50% terlebih dahulu sebelum melakukan proses ini.

2. Install USB Driver yang sudah kamu download di google pada komputer anda. Langkah ini berfungsi untuk mendeteksi hp Samsung anda.

3. Extract Odin3 yang masih dalam bentuk .rar setelah didownload tadi. Pilih dan jalankan Odin3.

4. Matikan hp Samsung dan nyalakan kembali dengan nemekan tombol volume down, power ON/OFF, dan home secara bersamaan. Setelah masuk ke mode download jangan menekan tombol manapun dan segera hubungkan handphone Samsung menggunakan USB ke komputer. Diamkan lebih kurang satu menit pilih continue lalu tekan tombol volume up.

5. Setelah muncul tampilan Odin3, lihat bagian COM jika sudah ada keterangan itu tandanya handphone Samsung kamu sudah terkoneksi.

6. Masukan frimwere pada Odin3. Apabila frimwere yang kamu download hanya satu file saja, maka anda hanya perlu memasukan frimwere melalui bagian AP saja. Dan tunggu hingga muncul tombol start.

7. Setelah muncul tombol start, klik start dan proses flashing akan segera dimulai. Selanjutnya kita hanya perlu diam dan tunggu sampai prosesnya selesai. Bisanya butuh waktu yang agak lama dan anda harus bersabar serta fokus.

8. Apabila flashing selesai handphone Samsung milik anda akan merestart dengan sendirinya. Itu merupakan proses mereset jadi biarkan saja dan tunggu hingga muncul home screen. Jika sudah masuk ke home cabut kabel USB yang menghubung handphone milik anda pada komputer.

Cara di atas merupakan cara flash hp Samsung milik anda yang dapat anda lakukan di rumah. Kuncinya hanya fokus dan juga sabar. Jika setelah melakukan cara di atas handphone milik anda kembali seperti semula, itu pertanda bahwa sistem yang ada di dalam handphone anda sudah pulih.





Cara Flash HP Samsung dengan Mudah dan Simple | drponsel.id | 4.5