Cara Melacak HP Android yang Hilang Dengan Nomor IMEI


advertisement

Perkembangan teknologi di Indonesia sudah semakin maju dan perkembangan perusahaan yang semakin pesat terutama kebutuhan masyarakat akan hp smartphone membuat para perusahaan bersaing membuat hp android yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan harga yang sesuai dengan kantong namun memiliki kualitas dan spesifikasi yang bagus. Hp android merupakan jenis hp yang paling sering dipakai oleh berbagai merek hp seperti oppo, xiaomi, asus, samsung, dan merek hp lainnya. Android merupakan sebuah sistem operasi yang memiliki berbagai versi tergantung tipe hpnya. Setiap hp memiliki IMEI tidak peduli berapapun harganya dan tipe apapun maupun hp yang menggunakan sistem android ataupun bukan yang merupakan salah satu cara melacak hp android yang hilang dengan nomor IMEI.

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor seri yang dimiliki setiap tipe hp dan selalu berbeda-beda karena merupakan identitas hp. Untuk hp yang memiliki dua slot kartu sim biasanya pasti memiliki dua nomor IMEI. Karena nomor IMEI sangat penting maka anda tidak boleh sembarangan memberikan nomor IMEI hp anda kepada orang lain dan harus menyimpannya dengan baik.

Cara Melacak HP Android yang Hilang Dengan Nomor IMEI

Untuk melacak hp hilang menggunakan nomor IMEI dengan mudah pastinya yang pertama dibutuhkan adalah nomor IMEI. Biasanya nomor IMEI terdiri dari 15 sampai 16 angka. Berikut akan dibahas cara mendapat nomor IMEI dan ada baiknya langsung mencatatnya di tempat lain dan disimpan agar mempermudah anda dikemudian hari.


advertisement

–      Cari di belakang hp anda, biasanya akan tertulis nomor IMEI. Jika nomor terhapus, anda bisa mencarinya di kotak hp di bagian barcodenya pasti tertulis nomor IMEI.

–      Jika kotak hp hilang, anda bisa menelepon *#06#

–      Untuk android, buka menu ‘settings’ kemudian pilih ‘about phone’ dan cari nomor IMEI

–      Untuk Iphone, buka menu ‘settings’ kemudian pilih ‘general’ lalu ‘about’ dan cari nomor IMEI.

Setelah mencatat nomor IMEI, nomor ini yang akan digunakan untuk melacak hp anda yang hilang maka dari itu anda sebaiknya memeriksa dan mencatat nomor IMEI anda terlebih dahulu agar tidak terlalu panik dan bisa langsung menggunakan nomor IMEI untuk melacak hp yang hilang. Berikut terdapat 2 cara melacak hp android yang hilang dengan nomor IMEI dengan menghubungi pihak operator.

Hal pertama yang bisa anda lakukan ketika mengetahui hp anda hilang adalah dengan langsung menghubungi pihak operator kartu sim yang digunakan di hp anda yang hilang. Biasanya pihak operator akan meminta nomor IMEI, nomor telepon dan surat keterangan hilang dari kantor polisi. Anda bisa menyiapkan surat keterangan hilang terlebih dahulu kemudian langsung menghubungi pihak operator atau bisa tanyakan langsung kepada pihak operator terlebih dahulu. Biasanya kantor polisi tidak memungut biaya apapun dalam melayani pembuatan surat keterangan hilang.

Pihak operator akan meminta nomor IMEI untuk melacak hp yang hilang dengan catatan bahwa hp anda aktif dan kartu sim masih terpasang di hp yang hilang sehingga lokasi yang dilacak akan lebih akurat. Namun jangan khawatir jika kartu sim telah dicabut dan diganti dengan yang baru atau hp dalam keadaan mati, pihak operator masih bisa melacak lokasi terakhir sebelum kartu sim dicabut atau hp dimatikan namun tentunya kurang akurat.

Itulah cara melacak hp android yang hilang dengan nomor IMEI. Disarankan untuk tidak menyimpan data pribadi di hp dan simpan hp dengan baik apalagi ketika anda keluar sendirian. Selalu berhati-hatilah dengan keadaan sekitar.





Cara Melacak HP Android yang Hilang Dengan Nomor IMEI | drponsel | 4.5