4 Cara Memperbaiki Layar Sentuh yang Tidak Merespon


advertisement

Sering kali, saat asyik bermain HP tiba-tiba layar sentuh tidak merespon. Hal ini bisa terjadi pada smartphone merk apa saja dan tipe apa saja. Lalu, bagaimana cara memperbaiki layar sentuh yang tidak merespon? Ada banyak penyebab dan ada pula banyak cara mengatasinya. Mari kita kupas tuntas semuanya.

Penyebab Layar Sentuh yang Tidak Merespon

Sebelum masuk ke pembahasan tips memperbaiki layar sentuh yang tidak merespon, ada baiknya kita mengetahui peyebabnya terlebih dahulu. Salah satu penyebabnya adalah oerhead atau panans yang terlalu tinggi akibat suhu panas maupun terlalu lama digunakan untuk game / aplikasi berat. Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan karena layar HP yang memang sudah terlalu tua dan sudah waktunya untuk diganti. Faktor lain terkena benturan atau sering jatuh. Terkena air juga bisa menyebabkan layar sentuh tidak merespon. Radiasi signal juga bisa menyebabkan masalah serupa.

Cara-cara Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Merespon

Cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon tergantung faktor penyebabnya. Berikut beberapa cara yang mungkin bisa menjadi solusi:

  1. Periksa Penggunaan RAM

Jika layar sentuh bermasalah seperti nge-lag, sebaiknya periksa dulu penggunaan RAM nya. Caranya, masuk ke Setting lalu pilih Developer Options kemudian Running Services. Di menu itu, kalian bisa melihat resource RAM dari program-program yang berjalan. Cara lainnya yaitu masuk ke Setting, lalu pilih Storage & Memory kemudian pilih Developer Options dan informasi seperti di atas akan muncul.


advertisement

  • GPU 2D Rendering

Kadang, transisi android yang buruk bisa menyebabkan masalah pada layar sentuh. Jika ini penyebabnya, cara memperbaiki layar sentuh yang tidak merespon adalah dengan mengaktifkan GPU 2D Rendering. Langkah pertama, masuk ke Setting lalu pilih Developer Options. Setelah itu, pilih Force GPU Rendering. Jika smartphone kalian tidak ada fitur Developer Options, maka pilih Aboutb Phone di menu Setting. Kemudian, klik Build Number sebanya 7x. Setelah muncul Developer Options, pilih Force GPU Rendering.

  • Kalibrasi Layar

Cara ini termasuk yang paling sering dicoba oleh kebanyakan pengguna smartphone. Caranya juga mudah, namun kalian harus mengunduh aplikasi tambahan yaitu Touchscreen Calibration. Setelah terinstal, jalankan aplikasi ini dan tekan CALIBRATE. Lalu, kalian bisa melakukan sentuhan-sentuhan berdasarakan perintah TEST PAD. Kalian bisa mengetahui keakuratan pada setiap sentuhan. Jika sudah, maka akan ada notifikasi “Calibration Successfully”. Kemudian klik OK. Jangan lupa direstart terlebih dahulu sebelum mulai mengoperasikan smartphonemu lagi.

  • Safe Mode

Ada lagi cara ampuh yang bis dicoba saat layar sentuh bermasalah, yaitu Safe Mode. Untuk android 4.0 ke bawah, pertama matikan smartphone terlebih dahulu kemudian tehan tombol Power jika logo boot sudah terlihat di layar. Lalu, tekan & tahan Volume Up & Down bersamaan hingga booting selesai. Sekarang, anda masuk ke Safe Mode.

Untuk android 4.1 ke atas, caranya adalah tekan & tahan tombol Power sampai muncul Pop Up. Kemudian, tap OK untuk rebooting & masuk menu Safe Mode. Lain halnya dengan android 5.0, caranya adalah dengan mengaktifkan opsi pengembang dulu lalu tap Build Number sebanyak 7x. Lalu, tekan & tahan tombol Power sampai Pop Up muncul. Selanjutnya, tap & tahan dan pilih Reboot dan terakhir OK. Mudah-mudahan, cara memperbaiki layar sentuh yang tidak merespon ini bermanfaat dan berhasil.





4 Cara Memperbaiki Layar Sentuh yang Tidak Merespon | drponsel | 4.5