Cara Mengatasi HP Lenovo Error Dengan Berbagai Cara


advertisement

Lenovo merupakan produsen PC yang sangat terkenal dengan kualitas laptop dan komputer yang disediakan. Lenovo juga menjual tablet dan hp dengan harga terjangkau dan kualitas yang bagus. Namun terkadang hp lenovo bisa juga error seperti touchscreen yang tidak berfungsi, tidak bisa mengisi daya, hp hang, bootloop, dan masalah lainnya yang membutuhkan reset untuk memulihkan kondisi hp. Berikut akan dibahas cara mengatasi hp Lenovo error.

5 Cara Mengatasi HP Lenovo Error

1.    Restart Hp

Cara memperbaiki hp error yang pertama adalah dengan merestartnya. Dengan merestart hp biasanya akan memulihkan hp sepenuhnya dari berbagai masalah yang terjadi dan juga cara ini lebih praktis dan cepat hanya dengan menekan tombol power. Cara ini adalah yang paling sering digunakan terutama saat hp macet, aplikasi berhenti, layar tidak berfungsi dan lainnya sehingga bisa hanya dengan menekan tombol power saja untuk memperbaikinya.

2.    Bersihkan Cache Memori Internal Sesering Mungkin

Cache adalah penyimpanan data ketika anda mengoperasikan aplikasi yang tersimpan pada memori internal hp anda. Setiap aplikasi apapun itu selalu memiliki cache yang akan selalu bertambah seiring anda menggunakan aplikasi tersebut. Jika tidak dibersihkan secara berkala akan membuat hp anda menjadi lemot dan lambat dalam beroperasi. Cara mengatasi hp Lenovo error dengan menghapus cache yaitu anda bisa membuka Settings, kemudian buka tab aplikasi dan buka pilihan aplikasinya satu-persatu untuk menghapus cache. Untuk mempermudahnya anda bisa menginstall aplikasi pembersihan seperti Clean Master, Phone Cleaner, Ccleaner, atau aplikasi serupa.


advertisement

3.    Pindahkan Penyimpanan Memori dan Aplikasi dari Memori Internal ke Memori Eksternal.

Aplikasi yang anda install akan otomatis tersimpan pada memori internal. Semakin banyak aplikasi yang anda install akan menambah beban sistem pada hp dan membuat hp bekerja lebih lambat. Maka lebih baik anda memindahkan penyimpanan dari memori internal ke memori eksternal atau SD Card. File-file seperti foto, video, dan lagu juga sebaiknya disimpan pada memori eksternal.

4.    Jangan Melakukan Multitasking yang Berlebihan.

Cara mengatasi hp lemot adalah jangan memaksa hp dan melakukan multitasking secara berlebihan seperti membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Terlalu banyak membuka aplikasi akan memenuhi RAM dan memperlambat kinerja hp apalagi jika aplikasi yang anda buka memiliki memori yang sangat besar seperti game, sosial media, dan aplikasi editing. Walaupun hp lenovo juga memiliki fitur multitasking dua layar bukan berarti anda bisa bebas membuka aplikasi yang sangat banyak. Usahakan untuk menghapus aplikasi tidak diperlukan yang sedang berjalan di background untuk memaksimalkan kinerja hp. Cara ini juga bisa digunakan untuk menghemat daya baterai hp. Anda juga bisa uninstall aplikasi yang tidak terpakai.

5.    Mengupdate Firmware Android

Setiap hp telah memiliki software firmware bawaan yang sudah terinstall saat anda membeli hp baru. Namun perusahaan ponsel termasuk Lenovo akan selalu mengupdate software mereka untuk memperbaiki dan memperbarui sistem lama mereka. Firmware terbaru ini biasanya akan memberikan beberapa fitur baru dan mengatasi masalah-masalah pada hp karena firmware lama dan meningkatkan kinerja hp secara optimal. Maka dari itu cara mengatasi hp Lenovo error adalah dengan mengupdate sistem firmware android langsung pada saat mendapat notifikasi sistem update pada hp anda. Jika tidak ada notifikasi, anda juga bisa mengeceknya pada Pengaturan > pilih tentang ponsel > Perbarui Sistem dan Firmware terbaru.





Cara Mengatasi HP Lenovo Error Dengan Berbagai Cara | drponsel | 4.5