Cara Mengatasi HP Tidak Mau Ngecas



HP tidak Mau Ngecas menjadi masalah umum ponsel pintar saat ini, karena metode pengisian batere dikomandai melalui sistem Android, meskipun pemicunya bermacam-macam. Namun seringkali firmware memiliki perananan besar timbulnya masalah hp tidak mau mengisi seperti misalnya hp tiba-tiba mati ketika digunakan atau tidak bisa mengisi setelah batere habis sama sekali.

Hampir semua smartphone baik merek terkenal seperti Samsung, HTC, bahkan iPhone seringkali mengalami masalah ini. Bahkan beberapa pertanyaan yang masuk ke drponsel.id kebanyakan adalah iPhone 5 tidak bisa dicas dalam keadaan hidup. Samsung J7 tidak bisa dicas, Xiaomi Redmi Note 3 Pro tidak mau ngecas, dan sebagainya.

hp tidak mau ngecas

Cara mengatasi HP Tidak Mau Ngecas

Karena banyak sekali pertanyaan tentang hp tidak bisa dicas atau tidak mau mengisi meski sudah dicas berjam-jam, yang dilatarbelakangi oleh berbagai sebab. Sehingga pada artikel ini, drponsel.id akan mengupas tuntas bagaimana cara mengatasi hp yang tidak mau ngecas.

Masalah hp tidak mau ngecas bukan hanya terjadi pada hp abal-abal atau hp China, tetapi ponsel kelas premium semacam HTC atau Samsung, hingga Apple iPhone pun kerap mengalami masalah ini. Namun demikian cara mengatasi masalah ini hampir relatif sama, oleh karena itu, apapun hp kamu, dengan trik berikut masalah hp tidak mau ngecas atau tidak mengisi ketika dicharge seharian akan segera teratasi.

Langkah I: Mengecek Sistem Operasi

Sebelum melangkah lebih jauh ke hardware, maka harus memastikan dahulu bahwa hp tidak bisa dicas bukan karena sistem yang crash. Pada smartphone saat ini, firmware memiliki peranan yang sangat besar, termasuk dalam aliran listrik yang mengalir ke sirkuit batere.

Gejala sistem yang crash yang menyebabkan hp tidak mau ngecas biasanya ditandai dengan led notifikasi merah yang hanya berkedip-kedip saja, tanpa ada respon layar yang muncul menandakan pengisian. Ketika ini terjadi, maka yang harus dilakukan adalah melepas batere, kemudian menekan tombol power selama 30 detik (tanpa batere terpasang). Hal ini dilakukan untuk mengosongkan listrik yang tersimpan dalam komponen.

Bagaimana jika ponsel menggunakan batere tanam atau unibodi? Batere tanam bukan berarti tidak bisa dilepas bukan? Hanya saja butuh upaya lebih untuk melakukannya. Untuk masalah ini, silahkan baca artikel “Cara Melepas Batere Tanam“.


advertisement

Pasang kembali baterenya, kemudian colokan lagi charger. Jika led menyala merah, kemungkinan besar proses pengisian batere akan kembali normal. Jika masih berlanjut, maka lakukan langkah selanjutnya.

Langkah kedua: Menghubungkan Ponsel ke PC atau Laptop

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa bukan masalah adaptor yang menyebabkan hp tidak mau ngecas, atau sistem masih terbaca dengan baik. Jika sistem masih berjalan dengan baik, biasanya komputer atau laptop akan segera mersepon ketika ponsel di colokan melalui kabel usb.

Namun jika tidak ada respon sama sekali, masih ada tiga kemungkinan yakni tidak adanya driver pada komputer sehingga komputer tidak mampu mendeteksi, kedua adalah sistem pada ponsel yang crash, dan ketiga adalah adanya kerusakan hardware pada ponsel.

Langkah Ketiga: Ganti Batere Ponsel

Batere lithium seringkali mengalami shut down (mati), ketika batere kosong samasekali karena digunakan hingga ponsel mati atau dicas terus menerus. Hal ini disebabkan karena adanya sistem pengaman agar batere tidak terjadi konsleting atau arus pendek yang menyebabkan kerusakan ke komponen lainnya.

Untuk mengatasi masalah ini, batere hanya perlu dipancing dengan charger yang memiliki ampere yang pas. Setiap batere berbeda-beda, sehingga perlu teknisi untuk melakukannya atau yang lebih mudah adalah mengganti batere ponsel dengan yang baru.

Langkah keempat: Mengganti Port Charger ataupun IC Charger

90% masalah hp tidak mau ngecas adalah PCB Charger. Untuk smartphone saat ini kebanyakan sudah menggunakan PCB charger yang terpisah dengan main board. Sehingga lebih mudah jika melakukan penggantian, dan mudah memetakan masalah. Berikut salah satu contoh PCB Charger Samsung Galaxy A5

mengganti pcb charger samsung

Untuk ponsel tipe lama seperti misalnya Samsung Galaxy V, masih menggunakan ic charge yang menyatu dengan main board (mesin utama) sehingga butuh keahlian khusus untuk menggantinya. Tetapi jika menggunakan PCB charger, hanya butuh sedikit usaha untuk melakukan pergantian sendiri.

Harga PCB charger sangat bervariasi, untuk HTC Desire 826 yakni 180 ribu, PCB Charger Samsung Galaxy S5 hanya 100 ribu saja, untuk Galaxy A5 hanya 140 ribu, untuk hp jenis lainnya hanya dikisaran 50-180 ribu saja, dan cara mengganti PCB Charger pun sangat mudah, hanya perlu membuka bagian belakang ponsel, lepas baut bagian port charger, lepas kabel flexy yang menghubungkan ke PCB charge, lepas perlahan dan pasang yang baru. Done!





Cara Mengatasi HP Tidak Mau Ngecas | drponsel | 4.5