Cara Menghilangkan Retak Pada Layar HP Dengan Aman


advertisement

Kecanggihan hp bukan hanya terletak pada sistem softwarenya namun perusahaan ponsel juga menggunakan bahan yang kokok saat memproduksi hp terutama layar dengan tingkat ketahanan tinggi dan anti pecah. Namun yang namanya layar kaca hp jika jatuh atau karena kelalaian pengguna bisa menyebabkan layar hp retak walaupun telah menggunakan perlindungan seperti case. Jika hp anda terlanjur retak maka anda bisa mencoba cara menghilangkan retak pada layar HP berikut ini.

Cara Menghilangkan Retak Pada Layar HP Android

1.    Membuka Bagian Belakang HP atau Back Cover

Langkah pertama dalam cara memperbaiki touchscreen hp adalah buka bagian belakang hp yang menutup baterai terlebih dahulu. Namun sekarang banyak hp yang memiliki baterai non removable atau baterai tanam sehingga anda harus membuka bautnya terlebih dahulu. Pisahkan bagian LCD dan motherboard secara hati-hati jangan sampai menarik kabelnya. Jika sudah terpisah akan terlihat LCD yang terdiri dari 2 lapis yaitu bagian dalam yang memunculkan gambar dan bagian luar untuk melindungi LCD.

2.    Melepas Layar Dari Frame

Cara melepas layar hp dari frame harus dilakukan secara hati-hati karena akan merusak layar jika dilakukan langsung dengan menariknya. Terkadang layar disambung dengan menggunakan baut atau klep. Ada pula yang menggunakan lem perekat. Pastikan jangan merusak layar LCD dan frame. Setelah itu pisahkan layar bagian luar dengan LCD dan pastikan retakan layar tidak masuk kedalam komponen lain.


advertisement

3.    Mengganti Touchscreen Lama Dengan yang Baru

Setelah semuanya dipisahkan maka anda bisa memasang layar yang baru yang sesuai dengan tipe hp anda kemudian anda bisa melanjutkan memasang komponen lain seperti ketika anda melepasnya. Namun sebelum mengunci semuanya dan memasang baut ada sebaiknya anda memeriksa terlebih dahulu apakah hp anda dapat berfungsi normal atau tidak sehingga tidak perlu membongkar pasang lagi ketika ada kesalahan dalam pemasangan.

Ada beberapa tipe hp yang bisa membuka layar hp tanpa membuka casing belakang. Cara menghilangkan retak pada layar hp ini adalah menggunakan hair dryer untuk melepas layar langsung di bagian depan hp. Berikut cara untuk melepas layar hp.

1.    Panaskan layar hp dengan menggunakan hair dryer guna untuk melepas lem pada layar kaca. Pastikan lem yang menempel telah meleleh sebelum melepasnya agar tidak memperparah keretakan layar.

2.    Lepaskan secara perlahan menggunakan pisau atau cutter tipis secara perlahan agar tidak menggores perangkat sambil tetap memanaskan layar hp.

3.    Bersihkan sisa-sisa kaca dari hp jika layar telah terlepas.

4.    Pasang layar baru secara perlahan dan hati-hati

Berikut cara menghilangkan retak pada layar hp. Cara ini memang dapat menghemat biaya tanpa perlu membawa hp ke tempat servis namun dengan memperbaiki hp sendiri sampai membongkarnya sangat beresiko tinggi terhadap kerusakan lainnya dan ditakutkan hp malah tidak bisa hidup setelah dibongkar yang menyebabkan anda mau tidak mau harus membawanya ke tempat servis dan mengeluarkan biaya yang lebih mahal lagi.

Cara ini juga hanya bisa dilakukan jika retak pada layar terjadi pada bagian luar saja dan tidak merusak bagian dalam LCD. Untuk membedakannya, jika layar kaca retak namun tidak terlihat adanya garis-garis pada layar artinya LCD tidak terdapat masalah namun jika terdapat garis-garis pendek maupun panjang berwarna hitam maka dipastikan LCD rusak dan anda terpaksa harus membawanya ke tempat servis.





Cara Menghilangkan Retak Pada Layar HP Dengan Aman | drponsel | 4.5