Jangan Takut Bootloop, Ini 5 Cara Menyelesaikankannya Versi Vivo


advertisement

Cara mengatasi hp vivo eror – Vivo adalah salah satu merek hp terbaru yang ikut bersaing dalam dunia ponsel masa kini. Ponsel yang memilih afgan dan maudy sebagai artis dalam iklan vivo terbarunya ini seringkali memunculkan ponsel ponsel yang dianggap sangat mumpuni. Bahkan beberapa ponsel terbarunya mampu mengeluarkan fitur canggih yang bisa membuat pengguna ponsel langsung melirik. Tak tanggung tanggung, ponsel vivo menyuguhkan fitur terbaru yang belum pernah ada sebelumnya. Lalu, alasan apa lagi yang membuat konsumen tidak tertarik untuk membelinya? Namun, yang namanya ponsel tidak ada yang sempurna, pastilah ada suatu saat ponsel akan mengalami masalah. Salah satu masalah yang hingga kini sering dialami oleh pengguna vivo adalah bootloop. Apakah itu artinya ponsel vivo terbaru Anda sudah memberi tanda untuk pensiun?

Bootloop sebenarnya bukan hanya masalah hp vivo saja. Semua jenis hp bahkan samsung yang dikenal sebagai ponsel kualitas juara pun juga pernah mengalami masalah bootloop ini. Bootloop adalah suatu keadaan di mana ponsel hidup tetapi yang tampak pada layar hanyalah logonya saja. Tentunya saja keadaan ini membuat pemiliknya panik karena ponsel sama sekali tidak bisa digunakan karena yang muncul hanyalah logo bukan menu utama tempat aplikasi ponsel pintar melekat. Apakah ada solusi ketika bootloop menyerang ponsel vivo kesayangan Anda? Anda bisa saja mengatasi ponsel vivo yang eror, asalkan Anda tahu dulu penyebabnya. Ada beberapa penyebab mengapa ponsel vivo mengalami bootloop diantaranya: ROM yang tidak dapat bekerja dengan sempurna, update OS yang gagal, tidak berfungsinya malware, dan gagalnya proses rooting. Dan inilah beberapa cara mengatasi hp vivo eror karena bootloop.

Cara Atasi Eror Vivo

1. Menghapus Cache

Agaknya cache adalah satu masalah ponsel yang tidak boleh disepelekan karena cache yang menumpuk bisa membuat ponsel eror, contohnya tidak munculnya menu utama pada ponsel. Apabila hal itu terjadi pada Anda pengguna hp vivo, Anda bisa mengatasi bootloop pada ponsel vivo dengan menghapus cache sistem. Bagaimana caranya menghapus cache, padahal hpnya saja tidak dapat mengakses menu utama. Caranya, Anda hanya perlu menemukan recovery mood pada ponsel. Recovery mood didapat setelah tombol power dan volume bawah ditekan bersamaan. Kemudian, lepaskan dan Andapun akan menemukan yang Anda cari. Setelah berhasil masuk ikuti panduannya dan pastikan Anda menemukan menu wipe /caches, klik. Dan cobalah menyalakan ponsel, maka bootloop bisa segera menghilang.


advertisement

2. Menghapus cache dalam memori

Lagi lagi cache menimbulkan masalah dalam ponsel. Ternyata, bootloop pada ponsel ini memiliki tingkat yang berbeda beda. Ada yang ringan sedang dan berat. Kali ini yang akan dibahas adalah cara mengatasi bootloop hp vivo yang masuk dalam kategori sedang. Untuk mengatasi eror vivo gara gara bootloop ini, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah dengan memencet tombol power dan volume bawah secara bersamaan. Tak perlu lama, saat Anda melepaskan kedua tombol, Anda akan menemukan pilihan menu yang salah satunya adalah recovery mode. Masuk dalam menu tersebut dan pilih pada menu lanjutan wipe cache partition. Pada saat Anda memilihnya, maka akan langsung muncul konfirmasi yang menawarkan pilihan ya atau tidak. Agar cache dapat terhapus sempurna, Anda diminta menekan yes dan itu artinya cache pada memori ponsel penyebab bootloop sudah berhasil dihapus. Itu tandanya kesempatan mengakses hp vivo kembali dapat segera terwujud.

3. Mereset Ulang Hp Vivo

Sudah disinggung sebelumnya bahwa bootloop yang menyerang vivo ada tingkatannya. Kedua tingkatan penyelesaian eror akibat vivo bootloop diatas masih dalam tingkat ringan dan sedang. Bootloop dapat dikatakan berat apabila cara penyelesaian eror vivo sebelumnya tidak mempan. Apabila hal tersebut terjadi, cara mengatasi bootloop dengan factory reset akan segera diberlakukan. Sebelum Anda melakukannya, Anda harus tahu resikonya bahwa semua data yang ada dalam ponsel akan hilang apabila Anda menggunakan reset factory sebagai solusinya. Itulah mengapa backup data diperlukan. Bukan hanya itu, proses reset factory cukup lama sehingga Anda harus memastikan apakah daya baterai masih banyak atau tidak. Jika selagi bootloop diatasi, baterai malah mati, maka penyelesaian yang Anda lakukan akan sia sia. Jadi, pastikan dulu semua faktor terpenuhi, maka tingkat keberhasilan akan semakin besar.

4. Flash Vivo Eror

Yang namanya penyelesaian tidak selalu berhasil. Bahkan, ketika reset factory dipilih sebagai solusinya, nyatanya juga mengalami kegagalan. Ada satu cara akhir yang dapat menyelamatkan hp vivo dari bootloop berkepanjangan yaitu dengan melakukan flash pada ponsel atau memasang firmware. Meski bisa dilakukan sendiri, tetapi kebanyakan orang menyerahkan flashing hp vivo eror ke counter atau ke penyedia jasa flashing hp. Melakukan flashing hp tidak bisa sembarangan orang dapat melakukanya. Hanya mereka yang memiliki ROM vivo yang dapat melakukan flashing. Tak hanya ponsel saja, tetapi butuh peralatan lain yang mendukung kelancaran dalam mengatasi bootloop pada hp vivo.

Dari penjelasan di atas, Anda dapat menyimpulkan bahwa penyelesaian bootloop vivo akan disesuaikan dengan penyebabnya dan tingkat bootloopnya. Apabila Anda sudah mengalaminya, mana kira kira cara mengatasi hp vivo eror yang tepat untuk Anda aplikasikan? Semoga bermanfaat!





Jangan Takut Bootloop, Ini 5 Cara Menyelesaikankannya Versi Vivo | drponsel | 4.5