Lenovo Vibe K5 Cepat Panas. Bagaimana mengatasinya?



Lenovo Vibe K5 Cepat Panas -Tentu banyak pengguna ponsel yang merasakan panas di tangan ketika memegang ponsel. Dengan aplikasi semacam CPU Z, kita dapat mengetahui berapa temperatur suhu dari ponsel kita. Namun perlu di ingat, bahwa suhu yang ditampilkan pada aplikasi tersebut adalah suhu dari CPU dan GPU (Graphic), bukan suhu yang kita rasakan di belakang ponsel. Berkaitan dengan hal ini, ada pertanyaan yang masuk sebagai berikut:

Halo Drponsel, Saya mau konsultasi. HP Saya Lenovo Vibe K5 cepat panas, apakah normal atau ada yang bermasalah, dan bagaimana cara mengatasinya. Dirga, Bandung.

Lenovo Vibe K5 Cepat Panas

Cara Mengatasi Lenovo Vibe K5 Cepat Panas

Berapa temperatur normal dari sebuah ponsel? Jika kamu pernah melihat bagian dalam komputer, tentu akan dapat memahami bagaimana prosesor bekerja. Hanya saja, jika di komputer, terdapat kipas untuk mendinginkan CPU karena temperaturnya dapat mencapai 100º, sangat panas, sehingga jika kipas berhenti maka prosesor tidak akan bekerja. Hanya sedikit perbedaan dengan ponsel. Temperatur normal dari sebuah CPU dalam ponsel dalam keadaan menyala berkisar antara 36-80º, dan panas tersebut akan terhantar ke bagian luar terutama belakang, sehingga tangan kita akan terasa panas ketika menyentuhnya, apalagi apabila material yang digunakan ponsel adalah alumunium, panasnya akan sangat terasa,  meski hanya sebagian kecil saja tidak melebihi 40º.

Banyak pengguna smartphone Lenovo Vibe K5, K5 Plus Vibe K4, Vibe X2 dan tipe lainnya mengeluhkan bahwa ponselnya mudah panas dan baterenya cepat habis. Meski keadaan tersebut sangat normal, mengingat beberapa tipe ponsel Lenovo menyematkan CPU tepat di bagian belakang dekat dengan kamera, sehingga temperatur bodi akan cepat naik. Jadi hal ini adalah sangat normal, bukan karena ada masalah hardware tertentu.


advertisement

Baca Juga: Samsung J5 Cepat Panas

Memang hal ini sangat mengganggu. Yang dapat kita lakukan untuk mengurangi Lenovo Vibe K5 cepat panas adalah sebagai berikut:

  1. Matikan data internet jika ponsel sudah tidak digunakan.
  2. Cek sinkronisasi, jangan semua aplikasi (terutama email) selalu di sinkronisasi karena mengakibatkan aplikasi selalu aktif dan bekerja, sehingga semakin membebankan CPU untuk memproses setiap waktu.
  3. Jangan terlalu berlebihan menggunakan ponsel. Jika sedang bermain game atau digunakan berselancar, jangan sambil di cas, karena dapat menyebabkan kerusakan pada IC Charging atau PCB Charging. Jika terus dilakukan maka temperatur akan semakin tinggi yang memicu overheating dan nantinya ponsel tidak akan dapat di cas.
  4. Aktifkan mode batere saving, untuk menghemat daya dan prosesing.
  5. Matikan GPS atau lokasi

Beberapa pengguna Lenovo Vibe K5 mengalami overheating setelah melakukan update software. Batere menjadi cepat habis dan overheating. Jadi, lebih baik tahan dahulu untuk meng update software (marsmallow) hingga stabil. Jika sudah nyaman dengan yang sekarang, ngapain ganti sistem yang baru jika akan mendapat masalah baru. Meski pembaruan sistem dimaksudkan untuk memperbaiki bug yang ada, tetapi tidak selalu berjalan semestinya.

Kesimpulannya adalah, Lenovo Vibe K5 cepat panas adalah hal yang wajar karena letak dari CPU memang dekat dengan kamera belakang sehingga menghantarkan panas lebih cepat. Solusinya adalah dengan meringankan kinerja CPU dengan cara mengurangi aplikasi yang berjalan di latar seperti misal Messenger, Facebook, dan berbagai aplikasi yang membawa iklan-iklan yang mengganggu sebaiknya di copot pemasangannya atau di uninstall.

 

 





Lenovo Vibe K5 Cepat Panas. Bagaimana mengatasinya? | drponsel | 4.5