Yuk Ketahui Penyebab Speaker Aktif Bass Kurang Nendang di Sini

Anda mungkin beberapa kali mendengar efek bass yang dihasilkan pada speaker terasa ada yang kurang. Pada dasarnya terdapat cukup banyak faktor atau penyebab yang membuat mengapa speaker aktif bass tersebut menjadi kurang nendang. Selain karena anda tidak membeli speaker aktif terbaik, berikut beberapa penyebab umum yang membuat hal tersebut terjadi. Simak ulasan selengkapnya.

 

Faktor yang Membuat Efek Bass Terasa Kurang pada Speaker Aktif

Yuk Ketahui Penyebab Speaker Aktif Bass Kurang Nendang di Sini

  1. Ukuran Membran Speaker Terbatas

Ternyata kekuatan amplifier tidak akan dapat bekerja dengan maksimal, bila drivernya mempunyai ukuran yang sangat terbatas. Contohnya, jika daya output yang dimiliki yaitu 60 watt tetapi speaker yang digunakan hanya memiliki ukuran 3 inch. Hal ini tentu saja bisa membuatnya tidak kuat jika di setting full bass. Jadi penting sekali bagi anda untuk mengetahui ukuran dari drive speaker, dimana idealnya yaitu 8 inch keatas.

 

  1. Memiliki Daya Output Amplifier Terlalu Kecil

Apabila anda menginginkan sebuah perangkat sistem audio yang memiliki bass yang cukup kuat, maka hal yang perlu anda pertimbangkan yaitu pemilihan daya output amplifiernya. Dimana semakin besar daya output yang ada berarti akan lebih baik. Sebab nantinya output amplifier tersebut yang akan menggerakkan membran dari speaker. Jadi sebaiknya memilih speaker aktif terbaik dengan daya output amplifier yang cukup besar.

Daya output paling ideal pada sebuah perangkat audio yaitu sejumlah 30 hingga 100 watt, jika diletakkan pada tempat terbuka yang cukup luas. Tetapi bila anda hanya ingin meletakkan di dalam ruangan dengan luas yang tidak terlalu besar, maka anda tidak harus memilih speaker system dengan daya output besar. Karena daya 10 watt saja sudah cukup digunakan dalam ruangan yang tidak begitu luas.

 

  1. Full Range atau Woofer

Sejatinya fungsi dari full range atau woofer nyaris sama dengan loudspeaker, yaitu menghasilkan suara yang bisa didengar oleh telinga manusia. Namun pada kenyataannya terdapat berbagai jenis loudspeaker, seperti midrange, woofer, dan twitter. Masing masingnya tentu memiliki respon yang berbeda dari lainnya. Jenis nada bass sendiri akan lebih pas bila ditangkap oleh loudspeaker jenis woofer atau fullrange ini.

 

  1. Jenis Kotak Speaker yang Digunakan

Ternyata dimensi yang dimiliki oleh box speaker atau kotak speaker nantinya akan menentukan kualitas dari efek bass yang dihasilkan. Terdapat beberapa patokan yang perlu anda tahu dalam menentukan volume box yang tepat. Kualitas bass bisa saja berkurang pada ukuran box speaker yang kecil. Sebaiknya desain speaker aktif terbaik ini juga anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Jadi apabila anda memang benar menginginkan speaker aktif dengan bass yang kuat, maka lebih baik pilih speaker yang dibuat khusus menghasilkan nada rendah seperti woofer. Hal ini juga akan lebih baik lagi jika mendapat dukungan cross over. Anda bisa menemukan berbagai jenis speaker aktif ini di Bliaudio.com, yang menawarkan cukup banyak varian speaker aktif dengan kualitas terbaik.

 

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer