Pengaruhi Harga Perawatan Gigi, Yuk Simak Prosedur Tambal Gigi Disini

Setiap jenis perawatan gigi mematok harga yang berbeda beda. Semuanya tergantung dengan prosedur yang harus dilakukan oleh dokter. Belum lagi perbedaan obat yang harus diberikan. Hal tersebut mempengaruhi biaya yang harus dikeluarkan. Tahukan anda apa saja prosedur penambalan gigi yang kerap kali mempengaruhi harga perawatan gigi? Simak ulasannya disini.

Prosedur Tambal Gigi di Pusat Pelayanan Kesehatan

Pengaruhi Harga Perawatan Gigi, Yuk Simak Prosedur Tambal Gigi Disini

  1. Pembersihan Area Berlubang

Harga perawatan gigi OMDC pada prosedur penambalan gigi berbeda beda dan disebabkan oleh banyak hal. Pada prosedur pertama saja yaitu proses pembersihan area berlubang akan menggunakan bahan dan alat yang berbeda. Tidak heran apabila harga yang harus dibayarkan tidak akan sama antara satu klinik dengan klinik yang lainnya.

Proses pembersihan dilakukan untuk menghilangkan bakteri yang dapat memicu infeksi lanjutan. Salah satu karakter timbulnya bakteri pada area berlubang adalah dengan adanya warna hitam kecoklatan di sekitar gigi. Bagian inilah yang harus dibersihkan dengan baik agar bakteri benar benar hilang.

Alat yang digunakan dalam proses pembersihan adalah bur gigi. Alat tersebut juga banyak mereknya sehingga antar klinik memiliki bentuk alat yang berbeda beda. Proses pengeboran ini yang sering menimbulkan suara bising. Meskipun begitu anda tidak perlu khawatir karena area gigi akan dibius terlebih dahulu agar pasien tidak merasa sakit atau ngilu.

  1. Pengolesan Bahan Perekat

Alat dan bahan perekat yang berbeda setiap kliniknya dapat mempengaruhi harga perawatan gigi yang harus dibayarkan oleh pasien. Perekat yang ditempelkan atau yang kerap disebut bonding dibutuhkan agar bahan tambal dapat menempel dengan sempurna. Dengan begitu tambalan tidak akan lepas saat digunakan untuk makan.

  1. Penempatan Bahan Tambal

Setelah perekat terpasang dengan sempurna, dokter akan mulai memasangkan tambalan di area gigi yang mengalami masalah. Dengan begitu, lubang yang muncul dapat tertutupi dengan sempurna. Proses penambalan perlu keahlian khusus karena tidak dapat dimasukkan begitu saja ke dalam area gigi yang lubang.

Bahan tambal akan ditata dan dibentuk dengan baik agar sesuai dengan permukaan kunyah gigi. Tujuan prosedur ini adalah untuk memberikan kenyaman pada pasien setelah gigi berhasil diperbaiki. Apabila prosedur ini tidak dilakukan dengan biak,  pasien akan merasa ada yang mengganjal saat makan. Tentu hal ini membuat mereka merasa tidak nyaman.

  1. Finishing

Salah satu prosedur yang memerlukan ketelitian dan keseriusan adalah proses finishing. Proses tersebut dijalankan untuk memperhalus permukaan tambal dan mengecek ada atau tidaknya rongga yang tersisa. Bagian ini harus ditutup sempurna agar tidak dihuni bakteri. Proses finishing menjadi salah satu bagian yang dapat mempengaruhi harga perawatan gigi.

Dengan informasi yang telah dijelaskan sebelumnya, anda dapat lebih memahami bagaimana prosedur tambal gigi dan apa yang mempengaruhi perbedaan harganya. Secara keseluruhan semua prosedur yang dilaksanakan saat proses tambal gigi adalah sama. Akan tetapi peralatan, bahan, dan pelayanan mempengaruhi harga yang dipatok oleh klinik dokter gigi.

Baca Jua tentang Penyebab Perbedaan harga Perawatan gigi disini

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer