Samsung Note 2 Mati Total dan Bootloop



Samsung Note 2 Mati Total sudah sangat biasa karena memang masalah klasik sekali. Apalagi ponsel ini sudah dirilis sejak Agustus 2012, umur 3-4 tahun sudah cukup tua untuk sebuah ponsel karena sangat cepat perkembangannya. Beberapa keluhan yang paling sering ditanyakan tentang Note 2 ini antara lain Samsung Note 2 tidak bisa hidup, Samsung Note 2 mati mendadak, hingga Samsung Note 2 mati total.

Mengatasi samsung note 2 mati total

Cara Mengatasi Samsung Note 2 Mati Total

Samsung Note 2 Matot biasanya diawali dengan gejala sering hang atau restart sendiri dan masa pemakaian sudah lebih dari 6 bulan. Di beberapa forum baik dalam maupun luar negeri, Tim DrPonsel juga menemukan banyak kasus Note 2 tidak bisa hidup atau mati tiba-tiba. Tapi kebanyakan dimulai dari gejala diatas lalu ponsel mati total.

Penyebab Samsung Galaxy Note 2 Mati Total

Sejak 3 tahun lalu, pihak Samsung sudah menyadari tentang masalah Samsung Galaxy Note 2 Mati Total. Diyakini bahwa penyebab utamanya adalah buruknya eMMC chip. Chip ini adalah sebuah media penyimpanan internal yang ada dalam ponsel. Karena masalah Matot ini, model pertama dari Note 2 yang berkapasitas 16 GB mendapat julukan “Insane Chip” atau Chip gila.

Chip yang digunakan telah error menyebabkan media penyimpanan korup. Jika di komputer, bisa dikatakan hardisk. Jika hd yang rusak jelas menyebabkan ketidakstabilan dan crash hingga mati total. Dari situlah kemudian Samsung meluncurkan generasi selanjutnya yang mengusung model 32 Gb yang lebih stabil.

Cara Mengatasi Samsung Galaxy Note 2 Bootloop

cara mengatasi samsung galaxy note 2 bootloop


advertisement

Sebelum mati total, gejala yang sering timbul adalah bootloop, yakni kejadian dimana Galaxy Note 2 restart namun tidak sampai ke menu utama, hanya muncul logo saja, terus menerus seperti itu.

Langkah pertama untuk mengatasi Note 2 Bootloop sebagai berikut:

  1. Lepaskan batere, setelah 30 detik pasang kembali baterenya
  2. Masuk ke recovery mode denganĀ  cara menekan dan menahan tombol HOME+POWER+VOLUME BAWAH, secara bersamaan hingga ponsel bergetar dan masuk ke recovery mode.
  3. Gunakan TOMBOL BAWAH untuk memilih WIPE DATA/FACTORY RESET, kemudian tekan tombol POWER untuk konfirmasi.
  4. Ponsel akan memproses dan restart. Jika masih mentok di logo, ulangi langkah pertama kembali hingga berhasil.
  5. Di percobaan kedua, pilih juga WIPE CACHE PARTITION, kemudian tekan tombol POWER. Jika belum berhasil, lakukan berulang kali langkah diatas.

Jika masalah bootloop sudah teratasi, sebaiknya upgrade sistem Android Samsung Galaxy Note 2, dari 4.1.2 ke yang lebih baru. Tidak mengatasi masalah matot memang, tetapi setidaknya mengurangi sedikit resiko Note 2 ke masalah yang lebih serius.

Kembali ke masalah eMMC Galaxy Note 2 yang gila. Agar Galaxy Note 2 bisa kembali hidup dan dapat digunakan, maka jalan satu-satunya adalah mengganti eMMC tersebut. Harga eMMC Samsung Galaxy Note 2 sekitar 200 ribu rupiah. Lihat cara mengganti eMMC di video berikut.

Untuk megatasi masalah Galaxy Note 2 Matot, tentu kamu harus membeli eMMC yang baru, dapat dipesan kepada kami melalui kontak yang telah tersedia. Kemudian membawa ke tukang servis terpercaya di daerah kamu untuk melakukan pergantian. Biaya memperbaiki Galaxy Note 2 Matot karena eMMC tidak lebih dari 100 ribu, tentu masih sangat terjangkau.

 





Samsung Note 2 Mati Total dan Bootloop | drponsel | 4.5