Spesifikasi, Desain dan Review Detail Luna M4 2018



Kebutuhan akan adanya smartphone sebagai handphone pintar yang mampu memberikan kemudahan untuk akses informasi dan komunikasi terbilang sangat tinggi. Di Indonesia sendiri, banyak vendor asing maupun local berusaha untuk memproduksi handphone pintar yang bisa menarik minat masyarakatnya. Tak ketinggalan perusahaan Foxcon yang terkenal sebagai perusahaan perakit smartphone atau elektronik berkelas tinggi yaitu Iphone nyatanya juga sangat tertarik untuk menjual produk besutannya sendiri. Perusahaan asal Taiwan itu mulai merambah pasar Indonesia dengan brand produknya sendiri sudah dimulai sejak tahun 2016. Salah satu produk yang berhasil menembus pasaran Indonesia adalah smartphone Luna M4.

Apabila produk rakitannya biasa dijadikan pilihan bagi kalangan atas karena harganya yang mahal, berbeda dengan produk buatannya sendiri yang selalu dibanderol dengan harga yang bisa dijangkau kalangan menengah kebawah. Produk Luna tipe M4 ini salah satunya. Hanya dengan harga 1,3 jutaan, smartphone ini sudah bisa dimiliki oleh konsumen. Spesifikasi yang ditawarkan melalui harga yang sekian juga lumayan, meskipun ada beberapa hal yang bisa dibilang tidak begitu memuaskan. Lebih lanjut akan kita bahas sebagai berikut.

Kelebihan Dan Kekurangan Spesifikasi Luna M4

Smartphone milik Luna dengan seri M ini memiliki layar selebar 5 inci yang bisa dibilang cukup lumayan untuk menampilkan suatu file atau menggunakan suatu aplikasi. Disertai dengan teknologi IPS LCD pada layarnya dan memiliki resolusi sebesar 720 x 1280 serta kerapatan 290 ppi digadang-gadang mampu menampilkan sesuatu dengan ketajaman yang mumpuni. Belum dilapisinya dengan gorilla glass atau semacamnya pada layar menjadi salah satu kekurangan smartphone ini. Dengan tidak adanya kaca pelapis pada layar, kemungkinan untuk retak atau tergores menjadi sangat tinggi. Akan tetapi, saat ini masih ada counter HP yang masih menyediakan tempered glass untuk melapisi layar. Hal ini bisa dijadikan sebagai solusi untuk mengamankan layar smartphone satu ini.


advertisement

Dapur pacu yang difasilitaskan dalam smarphone ini termasuk jadul karena tertinggal 3 generasi dari generasi terbaru. Ya, untuk versi android yang digunakan, smartphone ini masih menggunakan android versi 5.0 lollipop padahal versi android telah mencapai versi 8.0 yang disebut dengan android oreo. Meski demikian, dengan versi android yang digunakan ini tidak memberikan banyak masalah dalam system pengoperasiannya. Selain itu, smartphone ini dibekali dengan CPU Quad Core 1.0 GHz desertai prosesor Mediatek MT6753 mendukung kinerja yang lumayan cepat dari Luna Tipe M4 ini.

Apabila dibandingkan dengan vendor lain, smartphone ini termasuk memiliki harga yang cukup lumayan tetapi RAM yang ditanamkan masih cukup kecil yakni hanya sebesar 1 GB dengan memori internal sebesar 8 GB. Walaupun begitu, dengan RAM sebesar itu masih cukup lancar digunakan untuk multitasking dengan banyak aplikasi. Memori internal yang diberikan juga sudah mampu menampung jumlah file yang banyak. Selain itu apabila ruang penyimpanan dirasa kurang memadai, pengguna masih bisa menambahkan memori eksternal sampai dengan kapasitas sebesar 256 GB. Sangat lebih dari cukup untuk penggunaan seperti biasa.

Pada sektor kamera memang masih menggunakan konfigurasi standar yakni hanya sebesar 5 MP untuk kamera belakang dan 2 MP untuk bagian depan. Untuk kamera belakang dilengkapi dengan auto focus dan flash LED untuk mendukung menghasilkan kualitas gambar yang baik dengan beberapa keterbatasan. Nah, untuk kamera depan yang memiliki konfigurasi kecil dan tidak dilengkapi flash LED terbilang cukup mengecewakan. Terlebih dewasa ini, orang-orang lebih senang berfoto selfie dibandingkan dengan berfoto yang harus diambil oleh orang lain. Dengan kualitas kamera yang demikian, gambar yang dihasilkan mungkin tidak akan bagus. Untuk itu, ini akan menjadi salah satu kelemahan dari smartphone seri ini.

Yang menjadi keunggulan dari Luna M4 yaitu sudah support OTG yang mampu memberikan kemudahan untuk melakukan transfer file dan layanan jaringan yang digunakan sudah mencapai 4G LTE sehingga memberikan kelancaran beraktivitas menggunakan internet. Selain itu, baterai yang dibenamkan sebesar 2000 mAh diklaim mampu bertahan sampai dengan 12 jam sehingga memberikan kenyamanan saat penggunaan tanpa harus menyediakan daya pengisian ulang.





Spesifikasi, Desain dan Review Detail Luna M4 2018 | drponsel | 4.5