Spesifikasi, Desain dan Review Harga Lava Z50



Salah satu smartphone Android Go keluaran Lava adalah Lava Z50. Ponsel ini hadir dengan fitur dual SIM. Selain itu, jaringan super cepat 4G LTE juga sudah menudukung. Sebagai smartphone kelas menengah ke bawah, ponsel ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Meski begitu, tentu saja smartphone ini punya bekal bagus untuk bersaing di pasaran. Resmi dirilis awal tahun 2018 ini, ponsel pintar garapan Lava ini memang cukup diminati oleh mereka yang memiliki budget kecil. Jika kalian juga sedang mencari smartphone murah, silahkan perhatikan review berikut ini agar bisa memutuskan untuk membelinya atau tidak.

Desain Lava Z50

Kita mulai dari desain, perangkat pintar ini memiliki desain yang simple namun tetap elegan. Bodinya dibalut material keramik  dan pada bagian belakang memiliki tekstur lembut sehingga nyaman digenggam. Keempat sudutnya juga dibuat dengan desain melengkung dan bobotnya pun lumayan ringan. Untuk pilihan warna, ada warna hitam dan juga emas. Kamu bisa pilih sesuai selera.

Kinerja Lava Z50

Mengupas lebih dalam tentang spesifikasinya, mari kita fokus pada kinerjanya terlebih dahulu. Smartphone baru milik Lava ini hadir dengan chipset MediaTek MT6737M yang dipadukan dengan CPU Quad Core. Prosesor tersebut memiliki kecepatan meksimal 1.1 GHz dan cukup responsif. Untuk bagian RAM, kapasitasnya hanya 1 GB saja. Sedikit disayangkan karena bisa saja Lava membekalinya dengan RAM yang lebih besar seperti yang ada pada Lava Z91. Namun untuk kualitas grafis, hasilnya cukup halus berkat GPU Mali T720.

Fitur-fitur Lava Z50

Smartphone murah ini sudah menggunakan sistem operasi terbaru yaitu Android 8.1 Oreo yang hadir dengan beberapa fitur terbaru. Dengan basis Android Go, fitur FM Radio, speaker, HD Voice dan port jack audio 3.5mm sudah diberikan. Meski berfokus pada segmen low entry, Lava Z50 rupanya tetap membekali dengan fitur yang lumayan komplit.


advertisement

Kamera Lava Z50

Beralih ke sektor fotografi, smartphone baru ini menawarkan kamera utama 5 MP. Kamera ini bisa dibilang jauh dari kata sempurna namun tetap didukung beberapa fitur menarik seperti Face Beautify, Gesture Shot, HDR, autofocus, dan tentu saja LED Flash. Selain hasil jepretan yang cukup tajam dan jernih, kamera ini juga memiliki kualitas cukup bagus untuk merekam video dengan resolusi HD 720p.

Begitu juga dengan kemampuan selfienya, ponsel ini juga dibekali kamera 5 MP di depan. Kamera depan ini juga sudah mendukung LED Flash untuk hasil foto selfie yang cerah meski di malam hari. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya untuk merekam video selfie, melakukan video chat, dan juga video call.

Memori dan Baterai Lava Z50

Sudah disinggung sebelumnya, bahwa ponsel cerdas ini hanya memiliki RAM 1 GB saja. Bagaimana dengan memori internalnya? Masih jauh dari kata memuaskan, memori internal yang diberikan juga hanya sebatas 8 GB. Namun rasanya sudah cukup untuk aktifitas normal. Untuk penyimpanan yang lebih luas, kamu bisa menggunakan microSD dengan kapasitas maksimal 128 GB.

Sebagai smartphone kelas entry, kalian tak bisa berharap agar ponsel ini dibekali sensor fingerprint. Baterai yang diberikan juga masih menggunakan tipe removable, belum tipe non-removable seperti smartphone yang lebih kekinian. Namun, bukan berarti kualitas baterainya sangat buruk, hanya saja standard dan tidak istimewa.

Harga Lava Z50

Dari review di atas, bisa disimpulkan kalau kelebihan smartphone ini terletak pada ukurannya yang tak terlalu besar. Dengan ukuran yang ideal, maka pengguna akan merasa nyaman saat menggenggamnya. Selain itu, performanya untuk aktifitas multitaskin juga tak buruk meski tidak istimewa. Satu lagi, tentu saja harganya sangat terjangkau.

Di sisi lain, terdapat pula beberapa kekurangan. Salah satunya adalah ukuran RAM yang hanya 1 GB saja. Kemudian, resolusi kameranya juga masih tergolong minim. Untuk fiturnya, masih minus sensor pemindai sidik jari. Dengan kelebihan dan kekurannya tersebut, rasanya cukup masuk akal jika Lava Z50 ini dibanderol dengan harga yang berkisar 1 hingga 1,5 juta rupiah.





Spesifikasi, Desain dan Review Harga Lava Z50 | drponsel | 4.5