Spesifikasi, Desain dan Review Luna M4+ 2018



Layaknya sebuah perusahaan yang senantiasa ingin mengembangkan capaian produktivitasnya, termasuk dengan yang dilakukan oleh Foxcon. Meskipun terbilang sukses dalam peluncuran produk smartphone yakni Luna M4 tak membuat mereka berhenti berkarya. Dengan kesuksesan tersebut mereka justru mencari celah untuk membuat produk yang memiliki kualitas lebih unggul dibanding sebelumnya. Ya, mereka meluncurkan smartphone masih dengan seri yang sama yaitu Luna M4+. Sebagai generasi baru, tentunya memiliki beberapa perbedaan daripada Luna M4 sebagai pendahulunya.

Perbaikan Kualitas Spesifikasi

Pertama, mengenai kisaran harga yang digantungkan untuk produk generasi baru itu lebih tinggi dibandingkan yang dulu. Jika yang pertama hanya dibanderol dengan harga satu jutaan, produk baru ini dibanderol dengan harga sekitar dua jutaan. Harga yang diberikan memang disesuaikan dengan kualitas produk ini. Tentunya sebagai pembaharu, produk ini memiliki spesifikasi lebih unggul dibandingkan M4.

Dari layar, Luna M4 Plus ini didesain dengan lebar yang lebih besar dibandingkan M4 yakni sebesar 5,5 inci. Hal ini memang diperbarui berdasarkan pemanfaatan smartphone oleh konsumen. Dewasa ini, para konsumen sering menjadikan smartphone sebagai alat untuk menghibur diri. Entah digunakan untuk menonton video, membaca maupun bermain game. Dengan layar selebar ini akan memberikan kenyamanan yang lebih baik dibandingkan tipe sebelumnya yang hanya dibekali layar sebesar 5 inci. Untuk panel LCD masih tetap menggunakan panel IPS dengan resolusi dan kerapatan yang sama yakni 720 x 1280 dengan kerapatan 290 ppi. Namun demikian, ketajaman warna dan kualitas gambar yang diberikan tetap baik.


advertisement

Meskipun masih menggunakan versi android yang lama yaitu android versi 5.0 lollipop, tipe baru ini memiliki beberapa peningkatan untuk dapur pacunya terutama pada sektor RAM dan memori internal yang dipasangkan. Jika versi pendahulunya masih menggunakan RAM 1 GB dan memori internal 8 GB, Luna M4 Plus ini ditanami RAM dan memori internal dengan kapasitas dua kali lipat ketimbang versi lawasnya yaitu sebesar 2 GB untuk RAM dan 16 GB untuk memori internalnya. Dengan RAM yang semakin besar tentunya penggunaan aplikasi bisa lebih banyak dan pengoperasian smartphone akan lebih lancar. Resiko HP untuk blank juga lebih rendah. Demikian juga dengan kapasitas memori internal yang lebih besar juga memungkinkan file yang akan disimpan bisa lebih banyak. Kapasitas memori eksternal yang bisa ditambahkan untuk menambah ruang penyimpanan masih sama yaitu bisa ditambahkan dengan kapasitas sampai dengan 256 GB.

Selain pada layar dan pada dapur pacunya, nyatanya perusahaan juga meningkatkan kualitas pada sektor kamera belakang yakni dengan konfigurasi kamera sebesar 8 MP sedang versi pendahulunya hanya 5 MP. Dengan konfigurasi tersebut, mampu merekam video dengan resolusi 1080 @30fps. Termasuk dalam kualitas video yang baik dan bisa diandalkan. Meski demikian, sangat disayangkan untuk kamera depan ternyata masih sama saja yaitu hanya 2 MP. Padahal hal ini adalah hal vital untuk penggunaan smartphone dewasa ini.

Selain pada sektor kamera depan yang tidak ditambahkan kualitasnya, pada sektor keamanan juga tidak mengikuti perkembangan terkini. Pada sektor keamanan, Luna M4 Plus ini juga belum dilengkapi dengan pemindai sidik jari ataupun sandi menggunakan sensor wajah sang pemilik. Padahal, sektor ini merupakan salah satu hal penting yang sangat diperhitungkan untuk gaya hidup yang kekinian dan memudahkan pengguna untuk mengakses smartphonenya.

Namun demikian perlu diberikan apresiasi karena perusahaan memberikan peningkatan kualitas pada sektor baterai. Jika pendahulunya hanya dibekali dengan baterai berdaya 2000 mAh maka untuk Luna M4+ ini diberikan baterai dengan daya 2780 mAH. Hal ini tentunya memberikan daya penggunaan smartphone yang lebih lama dari pendahulunya sehingga lebih memberikan keleluasaan untuk menggunakan smartphone dengan waktu yang lama. Hanya saja, baterai yang ditanamkan belum dilengkapi dengan fitur quick charge yang mampu menyingkat waktu pengisian ulang daya baterai. Tetapi tidak perlu khawatir, sama halnya dengan smartphone yang telah lalu, pengisian ulang daya baterai ini dapat diatasi menggunakan power bank apabila terjadi keperluan yang mendesak sedangkan daya baterai habis.





Spesifikasi, Desain dan Review Luna M4+ 2018 | drponsel | 4.5