Tips Cara Melacak HP Android yang Hilang Tanpa GPS



Android merupakan sistem operasi perangkat cerdas yang kini menduduki peringkat pertama jumlah pengguna di seluruh dunia. Diproduseri oleh Google sebagai salah satu perusahaan software global terkemuka, dalam waktu singkat saja Android telah berkembang pesat.

Beraneka vendor ponsel pun berbondong-bondong menanamkan Android sebagai otak dari gadget produksi mereka. Salah satu fitur yang paling populer dari sebuah ponsel pintar adalah cara melacak HP Android yang hilang tanpa GPS.

Bagaimana melacak sebuah ponsel yang hilang?

Meskipun ponsel berbasis Android kini telah menjamur dengan bervariasi harga, bahkan ada menawarkan produk baru dengan harga kurang dari lima ratus ribu, tetapi tentunya tidak ada ingin kehilangan hp mereka. Bila dulu disebut bahwa komputer merupakan tiruan otak pemiliknya, maka kini ungkapan itu beralih kepada ponsel pintar, terutama Android dengan konsep open source memudahkan untuk mengakses banyak hal atau bahkan menginstal beragam aplikasi hampir tanpa batas. Salah satunya, aplikasi mobile banking membuat transaksi keuangan lebih praktis.

Akan tetapi, kadang musibah tidak dapat dihindari. Bila sampai kehilangan ponsel, maka segala daya upaya pasti dikerahkan semaksimal mungkin untuk mendapatkan kembali telepon genggam tersebut. Umumnya, pengguna memanfaatkan fitur GPS tertanam di hp pintar untuk melacak keberadaan perangkat tersebut.

GPS sendiri adalah Global Positioning System yang mana menggunakan akses satelit yang terintegrasi langsung dengan hp untuk memberitahukan sebuah lokasi dengan tepat. Namun, agar dapat menggunakannya, pemilik hp harus sudah mengaktifkan fiturnya jauh-jauh dari dalam ponsel. Bila belum?


advertisement

Lacak Ponselmu Yang Hilang Tanpa GPS!

Dahulu, cara melacak HP Android tanpa GPS dianggap mustahil. Namun seiring perkembangan zaman yang semakin maju dan didukung teknologi kian canggih, beberapa pabrikan ponsel pada umumnya didominasi oleh vendor asal Tiongkok, berhasil mengembangkan private fitur memungkinkan posisi ponsel terlacak hanya dari sistem cloud alias penyimpanan online. Sistem tersebut dapat dikendalikan jarak jauh oleh pemilik asli ponsel di mana menjadi satu-satunya orang yang mengetahui kata kunci dari akun cloud dibuat kali pertama mengaktifasi ponsel.

Ketika sebuah ponsel pintar memiliki fitur cloud di dalamnya hilang, si pemilik cukup masuk ke akun miliknya untuk kemudian mengaktifkan blokir terhadap perangkat tersebut. Selain itu, posisi terakhir ponsel pun otomatis diberitahukan.

Setelah fitur blokir aktif, hp secara otomatis tidak dapat diakses oleh siapapun atau memasuki mode kunci sistem. Pemilik juga dapat sedikit berimprovisasi dengan mengatur pesan dapat tampil di layar hp dengan pengumuman bahwa ponsel itu telah hilang dari tangan yang memiliki hak.

Metode tersebut otomatis menghindari bila hp ternyata merupakan korban tindak pencurian. Memang, kunci sistem tersebut dapat di non-aktifkan dengan memanfaatkan metode flashing yang berfungsi membersihkan segala pengaturan hp ke dalam kondisi asli dari pabrikan. Akan tetapi, dengan adanya pemberitahuan seperti itu, si pencuri kontan akan berpikir ulang bila hendak membawanya ke teknisi untuk dilakukan flashing.

Terlebih lagi, tidak banyak teknisi akan nekat tetap menjalankan proses perbaikan hp setelah mengetahui bahwa benda tersebut berasal dari sumber ilegal. Bahkan pernah terjadi kasus serupa di mana kemudian si teknisi menghubungi nomor disertakan dalam pemberitahuan dari pemilik asli ponsel sehingga dapat kembali ke tangan yang memang berhak. Hal itu menjadi bukti bahwa cara melacak HP Android yang hilang tanpa GPS itu memungkinkan.





Tips Cara Melacak HP Android yang Hilang Tanpa GPS | drponsel.id | 4.5